PENGERTIAN
City Branding adalah upaya strategis dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala keunggulan kompetitif, keunikan serta khazanah lokal yang ada di kota tersebut.
Kavaratzis (2004) menyebutkan city branding sebagai sarana untuk mencapai keunggulan kompetitif untuk meningkatkan investasi dan pariwisata sehingga mendorong pembangunan masyarakat serta memperkuat identitas antara kota dan warganya.
Merupakan alat dan proses yang strategis untuk meningkatkan reputasi sebuah kota sehingga semakin kompetitif dalam persaingan global
(Brymer, 2003)
Urgensi City Branding
1) Memperkenalkan Lebih Dalam
Dengan city branding diharapkan masyarakat eksternal semakin mengetahui karakter & potensi kota lebih dalam sehingga tertarik untuk berinteraksi.
2) Memperbaiki Citra yang Ada
Implementasi komprehensif city branding akan meningkatkan daya tarik suatu kota, juga mengembalikan citra positif sebuah kota yang mungkin sempat dikenal buruk.
3) Menarik Wisatawan, Talent, Dll
Dengan keunikan yang berbeda dari tempat lain, city branding membantu menarik wisatawan domestik maupun asing. Termasuk tokoh penting dunia, para ahli, pelajar & mahasiswa, dll.
4) Menarik Minat Investor
Tujuan lain dari city branding adalah mendapatkan investasi untuk meningkatkan pengembangan kota baik dari sektor ekonomi, sosial, pendidikan, budaya, dll.
5) Meningkatkan Kolaborasi
Penetapan city branding akan membuat suatu kota dikenal luas, mendorong banyak orang datang dan memudahkan terjalinnya kolaborasi positif yang lebih massif.